Pages

Manfaat Mengejutkan dari Bermain Video Game

Anda mungkin terkejut tetapi tahukah Anda bahwa bermain video game memiliki manfaatnya? Ilmu pengetahuan telah membuktikan bahwa bermain video game tidak hanya meningkatkan koordinasi tangan-mata tetapi juga dapat bermanfaat bagi pemain juga. Karena manusia semakin bergantung pada teknologi untuk memudahkan cara hidup mereka, bermain video game juga dapat meningkatkan peluang seseorang untuk bertahan hidup. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dan keuntungan yang mengejutkan dari bermain video game.

Koordinasi Tangan-Mata

Telah lama terbukti bahwa bermain video game dapat meningkatkan koordinasi tangan-mata. Gamer yang bermain berjam-jam lebih lama terutama video game aksi atau permainan peran cenderung memiliki perhatian yang lebih baik dan mampu menemukan target mereka lebih cepat daripada orang-orang yang tidak bermain gim. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Deakin University di Australia, mereka menemukan bahwa anak-anak pra-sekolah yang bermain permainan interaktif cenderung memiliki keterampilan motorik objek yang lebih baik daripada anak-anak yang tidak.

Kemampuan untuk Multi-tugas

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa gamer memiliki kemampuan untuk mengalokasikan sumber daya mental mereka yang memungkinkan mereka untuk melakukan pengambilan keputusan yang cepat dan keterampilan memecahkan masalah yang lebih baik. Mereka memiliki kemampuan untuk terlibat dalam tugas-tugas yang berbeda secara bersamaan dan dapat beralih di antara tugas-tugas untuk mengerjakan tugas yang lebih berat tanpa kesulitan daripada yang lain yang tidak.

Memperbaiki Kondisi Kesehatan

Orang yang menderita masalah kesehatan mental dan kondisi medis lainnya mendapati bahwa bermain game membantu meringankan masalah kesehatan mereka. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2009 dalam Tinjauan Tahunan Cybertherapy dan Telemedicine, individu yang menderita masalah mental seperti depresi dan stres dapat benar-benar menggunakan aktivitas untuk membantu mereka mengatasi situasi mereka dengan mengalihkan perhatian dan mengubah persepsi atau kondisi mental.

Tingkatkan Keterampilan Sosial

Meskipun beberapa permainan mungkin melibatkan permainan bermain peran dan karenanya, hanya untuk satu gamer, sebagian besar game saat ini bersifat interaktif yang memungkinkan seseorang untuk bersosialisasi dengan gamer lain tidak hanya secara lokal tetapi juga secara global. Beberapa gamer menjadi teman dalam kehidupan nyata berkat game yang menyatukan mereka. Beberapa perusahaan juga mengundang gamer ke acara internasional dan menjadi sponsor yang memungkinkan gamer ini menjadi ramah secara sosial dan budaya.

Membalikkan penuaan

Bermain game juga dapat membantu membalikkan penuaan. Karena permainan memang membutuhkan penggunaan keterampilan kognitif, itu membantu pemain terutama orang tua untuk meningkatkan keterampilan kognitif mereka seperti penalaran abstrak dan memori untuk menjalani permainan. Selain itu, ini juga membantu orang lanjut usia untuk bahagia dan meningkatkan kesejahteraan mental mereka.