Pages

Baik dan Buruk dalam Game

Bermain game adalah salah satu hobi terbesar dan bahkan karier di dunia. Orang-orang bermain game untuk bersenang-senang atau belajar sementara yang lain merekam video tentang permainan. Pada artikel ini, saya akan lebih fokus pada game itu sendiri dan bukan pada sisi bagaimana membuat video game. Gamer datang dalam berbagai usia, jenis kelamin, agama, lokasi, dan bentuk. Latar belakang orang-orang yang menjadi gamer membuat permainan yang jauh lebih menyenangkan.

Latar belakang gamer dapat memainkan bagian dalam jenis permainan yang dimainkan orang. Ada semua jenis kombinasi untuk berbagai kategori yang berkaitan dengan jenis permainan dan jenis gamer. Anda benar-benar perlu melihat situs web gim untuk mendapatkan semua informasi terkait sebelum membeli.

Ada banyak platform online tempat Anda dapat membeli game seperti Steam atau Humble Bundle. Situs-situs tersebut akan memberi Anda deskripsi, video oleh perusahaan, gambar, tag pengguna dan non-pengguna, ulasan, situs web, perusahaan, dan akun sosial mereka. Waspadai situs web gim ini mungkin tidak menunjukkan semua yang perlu Anda ketahui. Paling tidak, sebuah perusahaan game akan menampilkan deskripsi penjualan pendek, jumlah gambar yang sedikit (paling banyak 5 gambar), satu atau dua video oleh mereka dan akun sosial mereka. Yang paling mereka berikan adalah deskripsi informatif, akun sosial, ulasan pengguna, dan video mereka.

Mari selami apa yang dianggap negatif tentang game. Mayoritas hal-hal negatif tentang game berasal dari orang-orang di dunia nyata pada game-game itu, jenis permainan dan jenis-jenis permainan untuk orang yang salah. Sebuah gim dapat dibuat dengan buruk, tetapi itu tidak selalu terjadi di mana gim itu sendiri buruk. Bisa jadi itu adalah jenis permainan yang salah untuk orang yang salah. Di sinilah kategori masuk. Mungkin game memiliki sedikit kekerasan. Itu tidak membuatnya buruk; itu hanya membuatnya menjadi jenis permainan yang salah untuk anak berusia tujuh tahun. Atau mungkin Anda membeli game puzzle untuk orang yang suka game bertipe aksi. Jadi orang yang mencintai aksi tidak akan menikmatinya, tetapi itu tidak membuat permainan puzzle buruk!

Jenis permainan tidak ada habisnya dari ketelanjangan, narkoba dan alkohol, horor, perjudian dengan uang dan banyak lagi. Jenis yang berbeda ini salah untuk gamer muda dan juga salah bagi orang yang tidak suka melihat hal-hal seperti itu.

Permainan memiliki sisi baik dan buruk, sama seperti hal lainnya. Kuncinya adalah seberapa baik dan buruknya sisi-sisi itu. Sebagai contoh, beberapa permainan memiliki sisi buruk dengan pemain yang suka banyak berkelahi. Ini umum dalam game. Memahami banyak gamer, ini bukan masalah besar; namun, bagi kaum muda yang baru mengenal permainan atau bahkan bermain game pada umumnya ini bisa membuat frustrasi. Ada saat-saat ketika Anda ingin menghindari sisi buruk bersama-sama. Ada saat-saat ketika kebaikan melebihi yang buruk. Jika ini terjadi dan tidak ada masalah dengan game itu sendiri; maka sisi buruknya hanyalah satu lalat kecil di kamar Anda yang bukan masalah besar. Perhatian: Jika yang buruk melebihi yang baik, saya sangat merekomendasikan untuk menghindari permainan itu.

Aspek lain yang orang akan cerewetkan tentang pengembang game atau pembuatnya adalah representasi. Harus saya katakan, kurangnya representasi yang tidak terbatas pada ras, tipe tubuh dan pesan dalam permainan. Jika Anda dapat menyesuaikan karakter Anda, maka tentu saja Anda tidak akan memiliki masalah dengan representasi. Ada masalah di beberapa permainan di mana mereka tidak mewakili perempuan yang kuat dan pintar, perempuan dan laki-laki minoritas, perempuan dan laki-laki besar, kecil, tinggi, dan pendek. Perhatikan bagaimana saya tidak menempatkan "laki-laki" untuk perempuan sebagai kuat? Itu karena laki-laki dalam permainan SELALU direpresentasikan kuat dan pintar.

Dalam permainan yang menunjukkan laki-laki kuat dan pintar, ia kemungkinan besar akan berkulit putih, tinggi, kurus, bintang film dan penggemar. Anda jarang akan melihat dia menjadi minoritas, pendek, gemuk, tidak penggemar, tampak kutu buku, sementara masih kuat dan pintar. Anda melihat ini bahkan KURANG untuk wanita. Beberapa wanita dalam permainan juga putih, tinggi, tipis dan kuat sambil menunjukkan kulit seperti tidak ada hari esok. Anda hanya melihat perempuan ini di game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game). Game RPG dimaksudkan untuk dunia fantasi di mana Anda kebanyakan bertarung dengan orang dan monster. Tentu saja statistik wanita akan kuat tetapi mereka tidak akan terlihat kuat.

Dalam sebagian besar permainan, ketika mereka menambahkan karakter untuk Anda mainkan, mereka selalu menambahkan laki-laki kulit putih terlebih dahulu, kemudian perempuan kulit putih, kemudian laki-laki kulit hitam, dan kemudian perempuan kulit hitam. Mereka bahkan tidak benar-benar menambahkan orang yang campuran ras atau di antaranya. Ketika datang ke karakter hitam mereka hanya menambahkan satu warna "hitam" atau "Afrika Amerika" dan tidak semua orang kulit hitam di bumi adalah warna itu.

Dalam permainan, sebagian besar karakter selalu tipis dan tinggi. Anda tidak benar-benar melihat karakter yang pendek dan tipis, tinggi dan gemuk, pendek dan gemuk, dll. Ada banyak orang yang tidak kurus dan yang tidak tinggi.

Lalu yang terakhir, ada pesan mental yang sesuai dengan jenis kelamin, ras, dan tipe tubuh. Apa yang saya maksud dengan pesan mental? Beberapa permainan mengirim pesan tidak langsung tentang karakter yang kuat dan pintar atau yang lainnya. Sedangkan untuk game lain bisa jadi pesan mental baik sengaja atau tidak. Misalnya, dalam permainan yang Anda mainkan dan Anda melihat perempuan minoritas yang bertubuh pendek, gemuk, kutu buku, dan sifat-sifatnya adalah menjadi orang bodoh, naif, dan bodoh. Itu bisa mengirim pesan mental kepada Anda bahwa orang-orang yang terlihat seperti dia sama seperti dia. Mereka tidak pintar, mereka tidak kurus, dan tidak tinggi. Mereka melakukannya dengan buruk di sekolah, dll. Jadi, Anda mulai memikirkan hal-hal itu berdasarkan tidak hanya melihat ini dalam permainan itu berulang kali, tetapi ketika itu terjadi di permainan lain juga.

Bagian terburuknya adalah TIDAK ADA hal-hal ini yang benar. Ya, beberapa orang tidak kurus, tinggi, dan mungkin tidak secerah itu; tapi tidak semua orang seperti ini! Anda memiliki minoritas gemuk pendek yang pintar saat semua keluar! Anda memiliki semua jenis kombinasi orang yang pintar! Tentu saja, semua hal ini tentang jenis kelamin, ras, tipe tubuh, dan pesan tidak hanya di permainan; mereka ada di film, acara TV, iklan, dll. Yang menarik adalah bahwa beberapa pencipta yang membuat game, film, acara TV, iklan, dll., adalah minoritas sendiri dan mereka membentuk populasi bumi. (Cari "populasi dunia berdasarkan ras 2016" dan klik tiga tautan pertama jika Anda tidak percaya.)

Penafian cepat: SAYA TIDAK MENGHARAPKAN SIAPA PUN! Ya, saya meneriakkan itu. Bagian artikel ini memberi tahu Anda apa yang saya ketahui, baca, dengar, dan pengalaman dalam bermain game.

Jika Anda tidak percaya saya pergi melihat acara TV, film, iklan, dan game hari ini. Pertunjukan untuk melihat perwakilan yang baik adalah Hukum Milo Murphy. Dua game untuk dilihat sebagai referensi untuk representasi yang bagus adalah OverWatch dan Atlas Reactor. Sekarang dalam bidang ini menjadi lebih baik untuk representasi khususnya jenis kelamin, ras dan baru saja mulai tipe tubuh (khusus dalam urutan ini). Beberapa permainan bahkan menambahkan robot dan makhluk sebagai karakter yang dapat dimainkan untuk menghindari masalah dengan representasi. Ini menghilangkan masalah pengguna yang menginginkan karakter untuk mewakili jenis kelamin, ras, atau tipe tubuh mereka yang sebenarnya atau disukai karena sekarang ada karakter yang disetujui sebagian besar pengguna. Lagi pula, Anda tidak bisa menyenangkan semua orang.

Baiklah, sekarang saya mengoceh dan menyingkirkan hal-hal buruk; mari masuk ke bagian bagus dari permainan! Anda memiliki gamer semuda tiga tahun dan setua 90+! Tidak peduli usia Anda, ras, jenis kelamin, agama, budaya, atau game lokasi bisa baik untuk siapa pun. Bermain tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bermanfaat dan mendidik.

Manfaat dari bermain game adalah dapat membantu kaum muda lebih percaya diri dan lebih bersosialisasi. Jika mereka memainkan permainan multipemain daring dan berbicara dengan pemain lain di seluruh dunia, ini dapat membantu kemudian terbiasa berbicara dengan orang lain selain keluarga dan mereka mendapatkan kepercayaan diri dengan apa yang mereka katakan. Mereka bisa berubah dari seorang introvert menjadi fanatik sosial! Itu bisa terjadi cepat atau lambat. Bahkan jika itu bukan permainan tetapi tempat bagi gamer, artis, perancang busana, penggemar mobil, dll untuk mengobrol; itu masih akan membantu mereka menjadi lebih sosial. Perlu diingat, mengetik pada seseorang dan kemudian berbicara dengan seseorang adalah dua pengalaman berbeda. Anak muda bisa sangat sosial saat mengetik tetapi sangat pemalu saat mengobrol suara.

Inilah saya. Sebelum saya malu ketika berbicara dengan orang-orang saya tidak tahu apakah itu online atau offline, sekarang saya menjadi lebih nyaman dengan itu karena saya tahu cara menangani diri sendiri dan memiliki kepercayaan diri. Tetapi ketika berbicara tentang obrolan suara online, saya adalah orang yang tenang dalam obrolan. Benar kontraproduktif! Anda bahkan mungkin lupa saya sedang menelepon Anda! Sebelumnya ketika orang-orang di bank berkata, "Hai," aku tidak akan mengatakan apa-apa, sekarang aku benar-benar menjawab dan berkata, "Hai. Apa kabar?" Setelah itu saya tidak benar-benar berharap untuk berbicara dengan mereka jadi saya akan diam lagi lol. Lihat apa yang saya maksud? Setelah bersosialisasi, secara umum, seiring waktu Anda menjadi lebih baik dan menjadi kurang gugup dan lebih percaya diri.

Manfaat lain dari bermain game adalah kerja tim. Terkadang dalam permainan, satu-satunya cara untuk memenangkan atau mencapai tujuan adalah bekerja dengan satu atau lebih pemain. Dalam permainan tertentu, pemain diperbolehkan tugas dapat diselesaikan dengan hanya satu pemain, tetapi mungkin lebih sulit kecuali Anda memiliki lebih banyak pemain daripada diri Anda sendiri. Di lain waktu tugas-tugas tertentu tidak dapat diselesaikan dengan satu pemain dan membutuhkan dua atau lebih. Ada kalanya Anda membuat grup dengan teman atau keluarga untuk menyelesaikan tujuan. Di lain waktu Anda dapat membuat grup dengan orang yang tidak Anda kenal.

Di sinilah bisa rumit. Jika ini adalah permainan di mana Anda dapat membuat grup yang hanya mengundang, Anda cukup mengundang teman atau keluarga Anda. Anda dapat menyusun strategi dengan mereka, Anda akan lebih nyaman berbicara dengan mereka, dan Anda semua akan setuju untuk bekerja sama. Jika ini adalah permainan di mana tidak ada sistem grup tetapi Anda masih dapat bekerja dengan orang lain, alias bebas untuk jatuh, dan Anda dapat berbicara dengan mereka, mungkin masih ada tujuan yang hanya dapat diselesaikan dengan beberapa pemain. Apakah Anda harus bermain dengan pemain lain yang belum pernah Anda ajak bicara sebelumnya jika keluarga dan teman Anda tidak dapat bergabung dengan Anda dan Anda benar-benar ingin menyelesaikan tujuan ini?

Ini bukan hal yang buruk! Di sinilah Anda tidak hanya menjadi lebih sosial tetapi Anda belajar bagaimana bekerja dengan pemain lain yang belum pernah Anda temui sebelumnya. Jika Anda selalu bermain dengan keluarga dan teman, Anda berdua sudah tahu cara bekerja bersama, cara berpikir orang lain, dll. Tetapi jika seseorang yang belum pernah Anda temui, itu bisa sedikit sulit. Saya dan saudara lelaki saya tumbuh bersama melakukan segala sesuatu tanpa benar-benar memiliki teman, mungkin kolega dan rekan tetapi tidak benar-benar teman. Jadi kami sangat terbiasa mengetahui apa yang diinginkan orang lain atau bagaimana mereka bermain dll. Tetapi ketika kami benar-benar mendapat dua teman, sangat sulit untuk menyepakati banyak hal. Jadi jika Anda bermain dan bekerja dengan orang lain sekarang akan lebih mudah nanti. Saya dan saudara lelaki saya telah meningkatkan keterampilan kami untuk bekerja dengan orang lain.

Manfaat lain adalah kesabaran yang terkait dengan pembangunan tim dan sosialisasi. Lagi pula, untuk menjadi lebih baik dalam sesuatu yang Anda tidak hanya harus terus melakukannya tetapi Anda harus memiliki kesabaran saat melakukannya. Ada banyak waktu dalam permainan di mana Anda harus menunggu. Seperti halnya membaca adalah segalanya, Anda harus memiliki kesabaran untuk segalanya. Dalam permainan, Anda selalu harus menunggu sesuatu. Anda harus memiliki kesabaran untuk menemukan sesuatu, sesuatu untuk menyelesaikan memasak, sesuatu untuk menyelesaikan kematian, teman-teman Anda untuk kembali dari pergi afk (Jauh Dari Keyboard), gelombang monster berikutnya yang akan datang, tingkat berikutnya untuk membuka, dll. dll. Saya harus bersabar ketika menulis artikel ini! Jadi bermain game dapat membantu Anda lebih sabar dalam bermain game dan kehidupan sehari-hari.

Manfaat lain adalah koordinasi tangan dan mata. Saat bermain game, Anda harus memperhatikan apa yang terjadi di layar Anda sambil juga menekan tombol pengontrol atau keyboard untuk melakukan lebih banyak hal di layar Anda. Jika Anda ingin memindahkan karakter Anda dalam gim itu, Anda harus menggunakan keyboard dan mouse atau pengontrol saat masih melihat layar Anda. Ini seperti belajar mengetik. Sebagian besar waktu Anda seharusnya belajar cara mengetik kata-kata dan kalimat sambil melihat layar Anda tanpa melihat keyboard Anda. Hal yang sama berlaku untuk game. Anda harus dapat menekan tombol yang diperlukan untuk mencapai hal yang Anda coba lakukan sambil melihat layar Anda. Lagi pula, jika Anda menekan tombol tetapi tidak melihat layar Anda, bagaimana Anda akan tahu jika Anda melakukannya dengan benar?

Sekarang, ini adalah manfaat dan manfaat pendidikan - memori. Game dapat membantu meningkatkan daya ingat Anda. Bagaimana? Biarkan aku memberitahu Anda. Ambil apa yang saya katakan di atas tentang mengetik. Orang-orang yang dapat melihat layar dan mengetik tanpa melihat keyboard mereka memiliki sesuatu yang disebut "memori otot". Ketika mereka ingin membuat huruf tertentu muncul di layar mereka hanya perlu menekan tombol itu dan mereka tidak perlu melihat keyboard karena mereka telah menekan tombol itu berkali-kali mereka sendiri dan otot-otot mereka ingat di mana tombol tertentu berada. Anda sudah memiliki memori otot. Tidak percaya padaku Lihatlah keyboard Anda sekarang. Anda melihat di mana semua huruf, angka, dan simbol itu benar? Huruf-hurufnya tidak berurutan sesuai abjad. Jadi, setiap kali Anda mencoba mengetik nama Anda atau sesuatu di papan ketik digital di mana hurufnya abjad; Apakah Anda membawa Anda lebih lama dari biasanya untuk mengetik kata itu dan apakah itu aneh dan membingungkan? Dulu. Saya sudah melakukannya. Anda tahu mengapa?

Saat Anda mengetik atau mengirim teks ke seseorang, Anda tahu kata yang ingin Anda buat tampil di layar dan Anda ingat di mana kuncinya. Mungkin Anda tidak dapat memberi tahu mereka jika seseorang meminta Anda tetapi jika mereka meminta Anda mengetik kata, Anda dapat mengetiknya karena Anda tahu di mana kuncinya. Bagi saya, saya tahu cara mengeja kata-kata tertentu ketika saya mengetik tetapi mungkin tidak bisa mengeja kata-kata secara verbal. Ini karena aku melihat kata dieja di depanku. Secara teknis ketika kita mengetik satu sama lain, kita mengeja kata-kata dan kemudian membacanya di pikiran kita. Tetapi ketika Anda berbicara lantang Anda tidak melihat kata-kata yang baru saja Anda dengar. Tentu, ketika Anda membaca teks di layar Anda mendengarnya di benak Anda, meskipun Anda tidak mendengar kata-kata yang saya ketikkan ini, tetapi Anda tidak mendengarnya secara lisan dan Anda melihat setiap huruf membentuk kata itu. Ketika seseorang mengeja sesuatu yang salah, Anda segera menyadarinya karena itu tidak dieja dengan benar dan Anda membacanya. Ketika seseorang berbicara sesuatu yang Anda tidak membaca surat, Anda hanya mendengar kata itu.

Jadi game dapat membantu Anda membangun memori otot dan memori pikiran. Jika Anda dapat menyimpan item dalam game, Anda harus mengingat di mana Anda meletakkannya, atau jika Anda membutuhkan resep untuk membuat sesuatu, Anda mungkin ingat resepnya, atau mungkin Anda ingat detail tentang sesuatu yang penting, atau mungkin Anda mengingat jalan melalui labirin. atau perjalanan pulang. Beberapa game bahkan dibangun hanya untuk membantu meningkatkan daya ingat Anda atau satu-satunya cara untuk terus maju adalah mengingat fakta-fakta tertentu. Ibuku bisa mengetik tanpa melihat keyboard tetapi berjuang untuk mencoba berjalan dalam game.

Jadi sekarang mari kita masuk ke manfaat pendidikan. Salah satu manfaat pendidikan adalah matematika. Sekarang, gim ini tidak harus memiliki tujuan untuk mengajari Anda matematika agar matematika. Tujuan dari pergi ke sekolah adalah untuk mendapatkan pendidikan! Tidak bersosialisasi, tetapi Anda mungkin masih bisa berteman. Jadi ini berlaku untuk semua game. Gim ini tidak selalu harus memiliki tujuan J tetapi mungkin termasuk J. Tujuannya mungkin X tetapi mungkin masih memiliki J. Dalam beberapa game Anda dapat membangun rumah dan menggunakan resep untuk membuat item. Seberapa besar keinginan Anda? 30 blok X 10 blok X 60 blok? Apakah Anda mengerti apa yang baru saja saya katakan? Izinkan saya mengatakannya secara berbeda. 30 blok pada sumbu X (kiri dan kanan di tanah), 10 blok pada sumbu Y (naik dan turun di tanah), dan 60 blok pada sumbu Z (naik turun di udara). Beginilah cara Anda membangun rumah, menggunakan matematika, dalam game bernama Minecraft. Dengan koordinat ini berarti rumah Anda akan menjadi persegi panjang dengan atap yang sangat tinggi. Mari kita gunakan Minecraft lagi untuk contoh berikut ini.

Jika Anda ingin membuat 4 pedang misalnya, apa yang Anda butuhkan? Anda membutuhkan kayu dan besi. Berapa banyak kayu? Berapa banyak zat besi? Kami akan mulai dengan pegangan. Anda perlu dua tongkat untuk membuat pegangan untuk satu pedang. Satu batang kayu dapat diubah menjadi empat papan kayu, ambil dua dan Anda bisa membuat empat batang kayu. Anda ingin membuat 4 pegangan pedang. Jadi, berapa banyak balok kayu yang Anda butuhkan? Satu. Untuk pedang itu sendiri dibutuhkan dua potong besi. Anda ingin membuat 4 pedang, jadi berapa banyak besi yang Anda butuhkan? Delapan. Lihat? Bergantung pada apa yang Anda buat dan berapa banyak dari resep itu yang dapat meminta banyak sumber daya atau hanya beberapa.

Manfaat pendidikan lainnya adalah pemecahan masalah. Ada banyak permainan dengan teka-teki atau tidak sama sekali tetapi masih bisa mencakup pemecahan masalah. Game yang bagus misalnya adalah Scribblenauts Unlimited. Dalam game ini Anda pergi ke tempat yang berbeda untuk menyelesaikan masalah orang agar mereka bahagia yang memberi Anda item untuk menyembuhkan seseorang. Untuk menyelesaikan masalah mereka, Anda harus menggunakan kata sifat dan kata benda untuk menyelesaikan masalah itu sendiri atau membuat sesuatu untuk menyelesaikan masalah. Bagian terbaiknya adalah Anda dapat memecahkan masalah itu dengan berbagai cara dan tidak ada cara yang salah. Beberapa game bahkan berubah berdasarkan pilihan Anda dan kami menyebutnya "jalur". Beberapa jalur dapat berubah, tetap pada rute yang sama, atau berakhir. Jadi, Anda harus menyelesaikan setiap masalah dengan cara terbaik jika tidak, Anda dapat memilih jalan yang salah atau jalan yang berakhir.

Manfaat pendidikan lainnya adalah waktu reaksi. Jika Anda tidak ingin mati dalam permainan tertentu, reaksi Anda terhadap sesuatu bisa menjadi fakta penentu kelangsungan hidup atau kematian Anda. Semakin Anda menguji waktu reaksi Anda semakin cepat Anda akan mendapatkan dan segera Anda akan dapat bereaksi terhadap hal-hal dengan cepat. Ini bisa berasal dari game dengan pertempuran seperti MMORPG, shooter, dan PvP (Player V Player).

Anda melakukan banyak hal dalam game tanpa menyadarinya! Ketika Anda memainkan permainan itu, Anda hanya perlu melakukan A, G, M, dan S untuk melakukan apa pun yang Anda coba lakukan, tanpa mengetahui di dunia nyata keterampilan tersebut secara teknis disebut B, H, N, dan T dan digunakan dalam 3, 6, dan 9. Lihat? Jadi, Anda hanya perlu membiasakan diri menerapkan keterampilan itu di dunia nyata.

Beberapa permainan lebih baik untuk usia atau minat tertentu. Beberapa permainan dimaksudkan untuk anak-anak kecil, beberapa untuk remaja dan dewasa muda, dan lainnya untuk orang dewasa. Lalu ada permainan hanya untuk orang-orang yang tertarik pada robot, mobil, mode, puteri, seluncur es, dll. Jadi permainan bisa memiliki manfaat yang sama, tetapi manfaat itu mungkin lebih baik untuk orang-orang tertentu daripada yang lain.

Beberapa permainan digunakan di sekolah atau kampus, sebagai ujian untuk robot dan bahkan untuk mengajarkan topik tertentu. Baru-baru ini saya mendapat permainan yang akan mengajari saya cara membaca dan menulis karakter Jepang saat bertahan di dunia permainan. Beberapa orang yang tidak berbahasa Inggris sekarang cukup tahu untuk berbicara dengan penutur bahasa Inggris hanya dengan bermain atau menonton permainan dalam bahasa Inggris! Jika Anda menemukan seseorang yang tahu bagaimana berbicara, membaca, atau menulis sedikit bahasa Jepang; tanyakan apakah mereka telah menonton Anime. Sebagian besar penutur bahasa Inggris mengenal beberapa bahasa Jepang karena mereka bermain atau menonton hal-hal Anime.

Jadi ketika Anda melihat anak muda atau kakek nenek Anda bermain beberapa permainan, jangan berpikir itu buruk. Ini bisa membantu ingatan mereka, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan matematika, atau mereka mungkin belajar bahasa lain atau belajar lebih banyak tentang suatu topik.